6 LANGKAH ARAB SAUDI MENJAGA MASJIDIL HARAM DARI CORONA VIRUS

Sahabat Taqwa Tours. Setelah menangguhkan penerbitan visa dan menutup kedatangan jamaah umrah serta wisatawan ke Arab Saudi mulai 27 Februari 2020, kemudian membatasi warga lokal di Arab Saudi yang hendak mengunjungi Masjidil Haram dan Masjid Nabawi; nah berikut adalah beberapa fakta menarik bagaimana Kerajaan Arab Saudi menjaga Masjidil Haram dari Corona Virus.

Pusat Pengelolaan Masjidil Haram di bawah pimpinan Prof. Dr. Syaikh Abdurrahman Sudais menetapkan kebijakan khusus untuk mencegah penyebaran Corona Virus dengan berbagai langkah sebagai berikut.

1. Mengepel Masjidil Haram 6x Sehari

Jika Sebelumnya Masjidil Haram dibersihkan dan dipel 4x sehari, dengan meluasnya penyebaran Corona Virus ini pengelola Masjidil Haram benar-benar ingin memastikan wilayah masjid tetap bersih dan steril dengan cara mengepel lantainya 6x sehari.

2. Meningkatkan Kebersihan Toilet

Tidak hanya lantai Masjidil Haram, toilet sebagai salah satu tempat yang paling penting pun tidak lupa untuk dibersihkan hingga 6x sehari.

3. Sterilisasi Instalasi Zamzam

Sebagai air yang berbarakah, zamzam menjadi tujuan utama jamaah ketika mereka memasuki Masjidil Haram. Maka sangat penting instalasi zamzam terutama pada bagian kran dan jerigennya disterilkan sesering mungkin.

4. Penggantian Gelas Zamzam

Salah satu di antara cara penularan Corona Virus adalah melalui alat makan / minum. Dalam hal ini penting sekali untuk terus memastikan gelas bekas meminum zamzam segera dibuang dan diganti dengan yang baru dan bersih, termasuk juga dengan tempat untuk menampung gelas kotor.

5. Sterilisasi Karpet

Karpet sajadah sebagai tempat bersujud juga tidak kalah penting untuk diperhatikan, karenanya pengelola Masjidil Haram berkomitmen untuk terus menjaganya agar tetap steril dengan cara menggantinya setiap beberapa saat.

6. Pemasangan Cairan Sterilisasi Tangan

Di dalam Masjidil Haram pun akan dipasang beberapa alat yang dapat digunakan untuk mensterilkan tangan guna memudahkan para jamaah mencuci dan mensterilkan tangannya dari kuman, virus, atau bakteri.