HUKUM UMRAH SETELAH HAJI

Sudah menjadi sunnatullah, bila jamaah haji sepulang menjalankan ibadah di Tanah Suci ia sudah rindu untuk kembali lagi beribadah di baitullah. Hal ini sesuai dengan yang difirmankan Allah

وَإِذْ جَعَلْنَا الْبَيْتَ مَثَابَةً لِّلنَّاسِ وَأَمْنًا

“Dan ingatlah ketika kami jadikan Baitullah (Ka’bah) sebagai matsabah bagi manusia dan tempat yang aman” [QS Al Baqarah 125]

Imam Ibnu Katsir dalam kitab tafsirnya menjelaskan bahwa yang dimaksud dengan matsabah adalah tempat yang ruh-ruh manusia selalu rindu padanya, kerinduan itu tidak pernah hilang sekalipun ia terus mengunjunginya setiap tahun.

Hukum Umrah Setelah Haji

Mengerjakan umrah setelah haji adalah hal yang disunnahkan dalam Islam. Dan mengulang-ulang umrah sama sekali tidak bertentangan dan mengganggu ibadah lainnya.

Maka ketika ada seorang mengatakan bahwa lebih baik hartanya digunakan untuk bersedekah dibanding umrah, ini adalah ungkapan yang keliru. Karena seharusnya setiap muslim yang diberi kemudahan rizki hendaknya ia menyalurkan hartanya untuk mengerjakan umrah dan juga tetap bershadaqah.

Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda,

تَابِعُوا بَيْنَ الْحَجِّ وَالْعُمْرَةِ، فَإِنَّهُمَا يَنْفِيَانِ الْفَقْرَ وَالذُّنُوبَ كَمَا يَنْفِي الْكِيرُ خَبَثَ الْحَدِيدِ

“Sertakanlah haji dengan umrah, karena keduanya dapat menghapus kefakiran dan dosa, seperti halnya api mengikis kotoran pada besi.” (HR Al-Bazzar)

Saat ini obat penawar kerinduan beribadah di Tanah Suci yang paling memungkinkan hanyalah umrah. Mari kita rencanakan, kapan lagi hendak berkunjung ke Baitullah bersama keluarga?

Rafiq Jauhary
Pembimbing Ibadah Haji dan Umrah

Informasi lebih lanjut:

📍 Kantor Pusat Magelang
Ruko Taqwa Tours
Jln Urip Sumoharjo No 37C Wates Kota Magelang 0293 365959
0811-39-700-700
bit.ly/umrahmagelang

📍 Kantor Cabang Temanggung
Ruko Taqwa Tours
Jln Gatot Subroto KM 2 Manding Temanggung
0811-39-800-800
bit.ly/umrahtemanggung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *